Wednesday, February 15, 2012

Pernah Hernia, Apakah Ada Pengaruh Pada Kualitas Sperma

detikcom - Jakarta, Dok, saya sudah 6 tahun mengalami hernia (turun berok) dan baru 2 tahun lalu menjalani operasi. Apakah keterlambatan saya operasi mempengaruhi kuantitas dan kualitas produksi sperma? Terimakasih. 


Farid (Pria Lajang, 38 Tahun), faXXXX@gmail.com

Tinggi Badan 171 Cm dan Berat Badan 61 Kg 


Jawaban 


Hernia tidak mempengaruhi produksi dan kualitas sperma, kecuali terjadi hernia skrotalis pada kedua sisi yang sampai mengganggu vascularisasi dan perubahan suhu kedua testis. 


Secara umum hernia adalah penyakit kelemahan dinding otot perut. Prinsip terapinya adalah melakukan penguatan dinding otot perut baik dengan atau tanpa bahan lain sebagai prosedur operasi. 


Hernia atau turun berok ini adalah keluarnya organ usus dari tempat seharusnya. Penjelasan sederhananya yaitu usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar, usus bisa keluar melalui lubang tersebut.


Hernia bisa juga terjadi pada orang yang mengalami penyakit batuk kronis, sembelit, kegemukan atau pada wanita hamil. Hernia dapat terjadi pada bayi, anak sampai orang dewasa dan orang tua. Pada bayi dan anak hernia ini disebut hernia herediter (bawaan lahir), sementara pada orang dewasa dan orang tua disebut hernia acquired.


Dr. Y Soni, Sp.U

Dokter Spesialis Bedah Urologi. Praktik di RS PURI INDAH

, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 2569522.


Published with Blogger-droid v2.0.4

0 comments:

Post a Comment